Menu
Model Mobil
Beranda » Motorsport » 9 Komponen Sistem Suspensi Mobil wuling dan Fungsinya

9 Komponen Sistem Suspensi Mobil wuling dan Fungsinya

Dipublish pada 1 Juli 2020 | Dilihat sebanyak 387 kali | Kategori: Motorsport

9 Komponen Sistem Suspensi Mobil dan Fungsinya, Apa Saja?

25 Maret, 2021

Mobil memang bisa melaju dengan stabil berkat adanya sistem-sistem yang bekerja di dalamnya. Sistem suspensi menjadi salah satu sistem pada mobil yang memiliki peranan sangat penting, sehingga akan menimbulkan dampak buruk apabila komponen suspensi mengalami kerusakan.

Adanya komponen suspensi mobil, maka mobil lebih nyaman untuk dikendarai. Suspensi juga dapat menambah kemampuan cengkram suatu roda terhadap jalan. Setidaknya ada beberapa fungsi utama dari suspensi mobil.

Sistem suspensi juga dapat memindahkan sistem pengereman dan gaya gerak ke bagian bodi mobil dengan cara gesekan yang terjadi antara roda dengan jalan. Suspensi juga bisa menopang bodi mobil pada axle dan bisa membantu dalam memelihara letak geometris bodi dengan roda mobil.

Macam sistem suspensi pada sebuah mobil memang berbeda-beda, karena tergantung dari jenis mobilnya. Independent type memiliki beberapa pilihan tipe di dalamnya seperti Independent Type Trailing Arm Type, Macpherson Type dan Wishbone Type.

Rigid Suspension juga terdiri dari beberapa tipe seperti Balance Arm Type, Parallel Leaf Spring Type dan Trunnion Type 8. Sedangkan macam sistem suspensi ketiga adalah Special Suspension dan Air Suspension menjadi salah satu contoh tipenya.

Pada umumnya, sebuah suspensi terdiri dari beberapa komponen di dalamnya dan setiap komponen memiliki kegunaan yang variatif. Ada beberapa jenis mobil yang telah dilengkapi dengan berbagai komponen pendukung sistem suspensi di dalamnya dan penambahan komponen biasanya untuk melengkapi kebutuhan dari mobil.

1. Pegas Pada Mobil

Pegas juga memiliki fungsi untuk membantu meningkatkan daya cengkraman roda pada jalan dan hal ini akan membuat para penumpang menjadi nyaman saat berada di dalam mobil. Apabila mobil tidak memiliki pegas, tentu mobil tersebut tidak akan melaju dengan stabil.

Jenis pegas yang berada dalam sebuah suspensi mobil seperti pegas koil atau coil spring, pegas daun atau leaf spring dan pegas batang torsi atau torsion bar spring.

2. Shock Absorber

Dalam sebuah Shock Absorber terdapat sebuah cairan yang berperan sebagai minyak shock absorber.

Cara kerja Shock Absorber yaitu saat adanya kompresi, maka katup akan terbuka dan minyak akan mengalir dengan sangat mudah, sehingga bisa mencegah timbulnya redaman dengan baik. Ketika ekspansi, maka katup akan tertutup dan minyak akan mengalir pada sebuah lubang yang kecil yang menimbulkan peredaman.

Shock absorber dalam sebuah mobil memang terbagi menjadi beberapa tipe. Berdasarkan cara kerjanya, shock absorber terdiri atas tipe shock absorber dengan kerja tunggal dan Shock Absorber dengan kerja ganda.

Berdasarkan konstruksinya, komponen ini terbagi atas tipe twin tube dan mono tube. Sedangkan berdasarkan medium kerjanya, shock absorber terdiri dari tipe shock absorber yang berisikan gas dan tipe hidraulis.

3. Ball Joint Mobil

Ball joint adalah salah satu komponen suspensi yang berfungsi untuk menerima berbagai beban lateral beserta horizontal pada mobil. juga berguna sebagai sumbu putaran saat kendaraan sedang berbelok. terdiri dari 2 jenis utama yaitu upper ball joint dan lower ball joint.

Pada suatu ball joint biasanya akan ditemukan sebuah minyak yang berguna untuk melumasi berbagai bagian yang saling bergesekan. Apabila tidak ada minyak, tentu gesekan tidak akan berjalan dengan baik dan akan cenderung ball joint tidak bekerja dengan maksimal.

Namun pada ball joint yang bertipe dudukan dari resin, maka tidak perlu adanya pergantian yang gemuk.

4. Stabilizer Bar

Stabilizer bar adalah komponen suspensi mobil yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan bodi saat mobil sedang berbelok. Ketika mobil berbelok, tentu akan memunculkan gaya sentrifugal yaitu gaya dari benda yang melakukan putaran atau berputar untuk dapat keluar dari lintasan.

Ketika mobil dipakai dalam kecepatan yang tinggi dan anda membelokan mobil secara mendadak, maka akan timbul gaya sentrifugal yang lebih besar dibandingkan saat mobil dipakai dalam kecepatan yang rendah.

Gaya sentrifugal yang terlalu besar biasanya akan membuat mobil terbalik, apabila berbelok mendadak dengan kecepatan yang tinggi. Untuk menjaga atau menghindarkan mobil terbalik, maka komponen stabilizer akan membantu untuk menstabilkan mobil.

Pada bagian tengahnya biasanya akan dihubungkan dengan bodi mobil. Batang besi stabilizer biasanya memiliki daya elastisitas yang lumayan tinggi, sehingga kinerjanya sudah sesuai dengan spesifikasi mobil.

5. Bumper Pada Mobil

adalah komponen tambahan yang masuk dalam sistem suspensi. memang terdiri dari beberapa komponen di dalamnya seperti bounding dan rebounding.

Hal ini akan menghindarkan berbagai kerusakan pada bagian komponen bounding dan rebounding.

Bounding bumper biasanya akan bertugas saat kendaraan sedang mengerut dan rebounding bumper akan bertugas ketika kendaraan sedang mengembang. Bumper menjadi salah satu komponen tambahan dalam sistem suspensi yang memiliki peranan signifikan pada mobil.

6. Lateral Control Rod

Lateral control rod merupakan salah satu komponen tambahan suspensi mobil yang kurang begitu dikenal, meskipun komponen ini dipastikan ada dalam sebuah kendaraan roda empat atau mobil.

Komponen lateral control rod berfungsi untuk menahan axle ketika adanya sebuah beban yang berada dari bagian atau arah samping.

Komponen lateral control rod sangatlah penting untuk diperhatikan, karena setiap komponen mobil pasti memiliki masa perawatan dan masa perbaikan tertentu. Apabila Anda memiliki mobil, maka penting untuk selalu memperhatikan berbagai komponen yang terdapat dalam mobil. Jangan biarkan komponen rusak, sehingga akan menghambat kinerja mobil.

7. Upper dan Lower Arm

Upper dan lower arm adalah salah satu bagian dalam sistem suspensi yang bertugas untuk menghubungkan bagian knuckle arm dengan bodi mobil, sehingga pada bagian roda akan terpasang di knuckle arm. Pada dasarnya tidak semua sistem suspensi akan memiliki upper arm, namun akan tetap memakai lower arm.

Dalam istilah mekanik, komponen ini terkenal dengan sebutan wishbone atau a-arm. Upper dan lower arm membuat mobil bisa berbelok dengan stabil.

8. Strut bar Mobil

Strut bar adalah komponen dalam sistem suspensi mobil yang berfungsi untuk menahan lower arm supaya kemiringan di bagian roda depannya dapat terjaga dengan baik dan maksimal. Pada bagian kemudi mobil, maka setir bisa berbalik dengan sendirinya dan kondisi ini biasanya terjadi saat posisi kendaraan lurus setelah berbelok.

Setir berbalik dengan cepat disebabkan roda depan mobil di desain dengan miring atau sering disebut dengan front wheel alignment. Pada dasarnya, penyetelan pada bagian roda depan sering dikenal atau disebut dengan nama proses spooring.

Ketika proses spooring berlangsung, maka akan dilakukan penyetelan yang berada pada mur strut bar. Strut bar memang berfungsi untuk mencegah atau menjaga lower arm supaya tidak bergerak ke arah depan atau belakang.

9. Knuckle Arm Mobil

 

Bagikan

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Artikel Menarik Lainnya

Simulasi kredit mobil Wuling

Dipublish pada 1 Juli 2020 | Dilihat sebanyak 512 kali | Kategori: News Wuling Gorontalo

Simulasi kredit mobil Wuling adalah bentuk komitmen Wuling Finance untuk memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen mobil di Indonesia. Karena kami paham jika membeli mobil bagi sebagian besar masyarakat Indonesia adalah keputusan besar yang melibatkan banyak dana. Butuh persiapan matang dan... selengkapnya

9 Komponen Sistem Suspensi Mobil wuling dan Fungsinya

Dipublish pada 1 Juli 2020 | Dilihat sebanyak 387 kali | Kategori: Motorsport

9 Komponen Sistem Suspensi Mobil dan Fungsinya, Apa Saja? 25 Maret, 2021 Mobil memang bisa melaju dengan stabil berkat adanya sistem-sistem yang bekerja di dalamnya. Sistem suspensi menjadi salah satu sistem pada mobil yang memiliki peranan sangat penting, sehingga akan... selengkapnya

Confero Wuling Resmi Hadir di Gorontalo

Dipublish pada 7 Juli 2020 | Dilihat sebanyak 492 kali | Kategori: News Wuling Gorontalo

Confero Wuling Resmi Hadir di Gorontalo Wuling New Confero S ‘The Real Spacious Family MPV’ ditawarkan mulai dari Rp197.800.000 (OTR Manado). “Kami melihat pasar otomotif, khususnya MPV, tetap berkembang di wilayah Sulawesi Utara. Hal tersebut mendorong kami untuk menghadirkan New... selengkapnya